Laman

Kamis, 09 Desember 2010

8 Siswa SDN Utama I Tarakan Lolos Menjadi Finalis FSI dan OSI

TARAKAN,  Delapan pelajar SDN Utama I Tarakan berhasil menjadi finalis di ajang Festival Sains Indonesia (FSI) atau Indonesian Science Festival (ISF)  dan Olimpiade Sastra Indonesia (OSI) yang diadakan Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen).

Rencananya delapan pelajar yang duduk di kelas 4 dan 5 SD ini akan mengikuti FSI selama enam hari 9 - 14 November di Hotel Garden Surabaya. Mereka ini akan bersaing dengan beberapa pelajar dari beberapa daerah di Indonesia, di antaranya, Jakarta Selatan, Bandung, Deli Serdang, Binjai Yogjakarta, Jember, Makassar, dan Wonogiri.



Mereka ini berhasil masuk final setelah naskah yang dikirimkan berhasil lolos seleksi yang dilakukan Mandikdasmen. Seperti OSI, dari 140 naskah yang dikirim dari seluruh Indonesia, ternyata ada 40 naskah yang memenuhi syarat, dan salah satunya Tarakan.

Begitu pula dengan ISF dibidang IPA dan Matematika. Untuk IPA ada 82 naskah yang lolos, dan  Matematika ada 70 naskah dan salah satu naskah yang lolos sebagai finalis di ajang ISF tersebut dari pelajar SDN Utama I Kota Tarakan.

Delapan pelajar yang berhasil menjadi finalis di dua ajang tersebut dibagi menjadi empat tim. Setiap tim terdiri dari dua pelajar. Dua tim mengikuti FSI bidang IPA, satu tim mengikuti FSI bidang Matematika dan satu tim mengikuti OSI.   

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tarakan, Sudirman mengatakan, ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi pelajar SD di Tarakan. Pasalnya untuk Kaltim hanya Tarakan yang berhasil masuk menjadi finalis.

"Tentu ini kebanggan bagi Tarakan, karena bisa lolos menjadi finalis. Kita berharap nanti anak- anak kita berhasil menjadi juara di dua ajang ini. Apalagi untuk FSI ini untuk kali ketiga kita mengikutinya dan pernah meraih juara III, sedangkan OSI baru pertama kali kita ikuti," ungkapnya.

Sudirman mengakui, di kedua ajang ini hanya SDN Utama I yang mengirimkan naskahnya. "SDN Utama I ikut ajang ini, karena ada guru pembimbing di sekolah tersebut yang mengajari anak-anak. Sebab mengikuti ajang ini inisiatif dari sekolah. Untuk itu kami  berharap SD lain di Tarakan juga bisa mengikutinya," ujarnya. (*)
 

FINALIS FSI DAN OSI
1 Veranita                                            (OSI)       
2 Nabila Masya Aurela                         (OSI)
3 Muhammad Rifqi Fadillah                  (ISF Bidang IPA)
4 Amaliyah Kurniawan                         (ISF Bidang IPA)
5 Audita Astri Hardhan                         (ISF Bidang IPA)
6 Affandy Putra Pratama                      (ISF Bidang IPA)
7 Refina Anjani Puspita                        (ISF Bidang Matematika
8 Katon Prayogi                                   (ISF  Bidang Matematika)  
Sumber: Dinas Pendidikan Kota Tarakan (*)

2 komentar:

  1. Pak, selamat ya untuk SD Utama I kebetulan anaknda juga sekolah di sini, jadi untuk Ilmu anak2 cukup baik tapi ada beberapa anak yang terbiasa aktif/gerak sangat perlu juga ditunjang masalah ekstrakulikuler, ex ; drum band,cab.olahraga, karena itu semua sangat menunjang daya fikir dan aktifitas anak di dunia pendidikan. SUKSES!!!... tp bapak jangan nongkrong terus ha.ha.ha

    BalasHapus
  2. selamat.....semoga bisa menjadi contoh bagi sekolah yang lain...

    BalasHapus